Wisata Pantai Tanjung Pakis, Karawang

Banyak hal unik yang bisa anda nikmati di pantai tanjung pakis, seperti menikmati buah melon dengan rasa asin manis, pasti hal langka yang belum pernah anda coba, ada kawasan agrowisata semangka dan melon dekat pantai yang bisa anda kunjungi, kurang lebih sekitar 200 m dari bibir patai. Ini adalah salah satu keunikan yang ada di pantai tanjung pakis, kerawang. Pantai tanjung pakis sangat terpencil, jauh dari kota karawang dan agak sulit mencapai lokasi tersebut. Namun keindahannya sangat luar biasaa, ombak yang tenang, kuliner yang lezat dan pasir putih akan menjadi pesona liburan yang menyenangkan, banyak hal yan bisa anda lakukan disini, sempatkanlah untuk mencicipi kelezatan bandeng bakar atau hidangan berbagai jenis ikan. Atau anda bisa menyewa perahutu tradisional untuk menikmati keindahan pantai yang sebenarnya.
Yang tidak kalah menariknya ketika pengunjung mulai memasuki pantai, pasti akan di sambut olh keindahan gradiasi wawrna air laut yang memukau, dipinggir pantai banyak sekali rumah warga asli dan saung tempat kita menikmati lezatnya seafood. Desa di dekat pantai baru dikembangkan menjadi kawasan destinasi pariwisata di tahun 2000. Cukup membayar Rp20.000 maka bandeng bakar yang masih segar dan tidak bau lumpur akan menajdi santapan yang lezat untuk para pengunjung. Rp 50.000 untuk ikan kakap bakar, dan Rp 30.000 untuk udang windu. Di sepanjang bibir pantai hampir semuanya dinaungi oleh pohon pinus yang rindang. Bahkan kalau sedang terik-teriknya mentari justru pengunjung akan merasakan kesejukan dan kedamaiana,karena suasana yang begitu tenang.

Letak Pantai Tanjung Pakis Karawang

Pantai Tanjung Pakis terletak di Desa Tanjung Pakis Kecamatan Pakis Jaya Kabupaten Karawang (kira-kira 70 km dari ibukota kabupaten Karawang). Pantai Tanjung Pakis berada di ujung Utara Karawang,Pantai Tanjung Pakis terletak pada teluk di semenanjung antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang, panjang pantai 7 km meliputi Blok Bungin, Karangjaya dan Pakis I denagn luas 305 Ha.

Dari Kecamatan Rengasdengklok sekitar 50 km. Dari kompleks candi purbakala (Candi Jiwa, Candi Blandongan, Candi Serut, Candi Sumur, dan 20 candi lainnya), masih harus menempuh perjalanan sekitar 30 km. Kondisi jalan lumayan beraspal, sebagian lagi berupa jalan beton.

Melalui rute Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Rute ini pengunjung dapat menempuhnya selama tiga jam sebelum memasuki kawasan perbatasan Karawang-Bekasi. Rute ini cukup rusak, kerusakan jalan yang disebabkan truck pertamina. Sudah bertahun-tahun kawasan ini tepatnya di daerah Buni, dan Muara menjadi eksploitasi minyak. Pemandangan ini memang menjadi pemandangan yang unik bagi sebagian orang yang belum pernah melihatnya. Melintasi kali Cibeā€™el, pengunjung akan disuguhkan denga kapal tua yang terdampar. Sebaiknya jangan melalui daerah ini dengan mobil mini sedan apalagi ketika musim hujan tiba.

Melalui rute Rawa Kalong. Meski rute ini lebih jauh, tapi saya sangat menyukainya. Selain jalannya yang cukup jauh, pemandangan pun sangat menakjubkan, percaya atau tidak pengunjung akan seperti berada di daerah pegunungan yang masih asri tanpa polusi. Ini benar-benar peradaban yang serba terbatas. Sepanjang jalan yang dapat disaksikan adalah hamparan sawah yang luas, ditengah hanya ada satu bangunan, bukan perumahan, bukan pula pertokoaan melainkan kandang ayam. Ya, banyak sekali orang yang mencoba mengadu untungnya untuk berternak ayam boyler. Setelah di manjakan dengan hamparan sawah nan hijau, pengunjung akan disuguhkan dengan pelajaran sosial.
Dari perbatasan ini pengunjung masih harus melanjutkan perjalnannya sejauh tiga kilo meter untuk menuju Pantai Tanjung Pakis. Sepanjang perjalanan hanya ada sawah, dan sawah. Beberapa meter dari pintu masuk Pantai Tanjung pakis, hamparan tambak udang windu dan tambak Bandeng mulai trelihat. Awalnya Pantai ini belum dikelola dengan baik, jika anda kesini pengunjung pasti dipalak oleh waga sekitar, paling tidak pengunjung akan mengeluarkan uang Rp50.000, namun jangan khawatir, karena saat ini sudah mulai dikelola, pengunjung cukup membayar tiket masuk untuk satu orang sebesar Rp7000.

Fasilitas :

Terdapat penginapan bagi anda yang ingin bermalam, penginapan dengan barbagai fasilitas seperti AC dan TV atau jika anda ingin berhemat maka anda bisa memilih penginapan dengan fasilitas biasa. Ada juga panggung hiburan, anda bisa menyaksikan dangdut secara live setiap akhir pekan, jika kurang anda masih bisa menyewa perahu dan berenang dipinggir pantai, karena air pantai cukup tenang. Yang sudah menjadi favorit semua pengunjung adalah kuliner bandeng bakar dan beberapa masakan seafood lainnya,Bandeng Bakar bumbu sambel kecap, yang khas dari Pantai Tanjung Pakis. Menu khas andalan objek wisata Pantai Tanjung Pakis ini, menurut Heri, pemilik warung sekaligus penjual bandeng bakar, harganya relatif terjangkau. Hanya Rp 25.000 per ekor ukuran besar,jangan lupa untuk menikmati melon asin manis di agrowisata dekat pantai.

Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis

Perahu Nelayan pantai tanjung pakis

Perahu Nelayan pantai tanjung pakis

Pesona Liburan Ke Pantai Tanjung Pakis-231

Pesona Liburan Ke Pantai Tanjung Pakis-231

sumber : aingkumaha.blogspot.com, rendrasyah.wordpress.com, www.wisatanesia.com, wisata.kompasiana.com, tentangkarawang.blogspot.com, htentangkarawang.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>