Pantai Pelabuhanratu Sukabumi Jawa Barat

Pantai Pelabuhan Ratu Terletak di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Tepatnya di Selatan Pulau jawa, atau Kota Sukabumi Ke selatan kira-kira 60km. Pantai pelabuhan ratu sangat cocok untuk kegiatan olahraga surfing karena memiliki ombak yang besar dan ketinggian gelombang yang stabil. Dengan kondisi air yang seperti itu, maka di pantai ini terdapat beberapa tempat surfing yang sering dikunjungi wisatawan, yaitu Batu Guram, Karang Sari, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh, dan Ujung Genteng. Beberapa tempat surfing tersebut ramai dikunjungi para wisatawan tepatnya pada bulan Mei hingga Oktober, saat kondisi ombak sedang tinggi.

Pantai ini memiliki keindahan batu karang yang menjorok ke laut, banyak kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung seperti memancing atau bersantai menikmati percikan air dari pantai sambil memandang kapal-kapal nelayan. Pengunjung juga bisa melihat pendaratan kapal nelayan sepulang dari melaut, dapat berkunjung ke tempat pelelangan ikan sekitar pukul 11.00—13.00 WIB. Pada jam-jam tersebut biasanya para nelayan sedang mendaratkan kapal-kapalnya. Ada petualangan menarik lainnya, sebagai sarana belajar dan pengetahuan, bahwa Pantai Palabuhanratu juga dikenal sebagai tempat bertelur dan berbiaknya penyu yang jampir punah, karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab yang sering menangkap penyu-penyu tersebut untuk tujuan tertentu.

Fasilitas pantai pelabuhan ratu sangat lengkap, dari hotel mewah hingga losmen kecil di daerah pantai.Kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan tempat pelelangan ikan (TPI) yang menjual berbagai macam ikan laut seperti cakalan, layur, cumi-cumi, bawal, udang, dan lain-lain dalam kondisi masih segar. Pelancong dapat membawa pulang ikan-ikan laut itu untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Masyarakat pantai selatan khususnya Palabuhanratu percaya adanya penguasa laut selatan yaitu Ratu Kidul. Wisatawan dapat menjajal aura mistik yang terdapat di Samudera Beach Hotel yang berada sekitar 300 meter dari pantai ini. Di dalam hotel itu terdapat cerita mistik tentang keberadaan kamar No. 13 yang konon menjadi persinggahan Ratu Laut Selatan, “Nyai Roro Kidul”. Kamar ini sering dijadikan sebagai tempat bersemedi meminta ketenangan batin dan berkah dalam hidup. Di kamar itu, wisatawan juga boleh melakukan semedi atau sekedar melihat-lihat suasana kamar yang disakralkan tersebut. Begitu memasuki ruangan itu, pelancong akan dikejutkan dengan suasana mistik dan desain ruangan yang didominasi dengan warna hijau. Konon, warna itu merupakan kesukaan Nyi Roro Kidul. Selain warnanya, aksesoris-aksesoris di kamar itu juga menggambarkan suasana Istana Pantai Selatan yang cukup megah.

Pelabuhan Ratu Beach-9

Pelabuhan Ratu Beach-9

Pantai Pelabuhanratu -94

Pantai Pelabuhanratu -94

Cerita Mistis Pantai pelabuhanratu-94

Cerita Mistis Pantai pelabuhanratu-94

Sumber : http://elmudunya.wordpress.com/2010/06/22/wisata-ke-pantai-pelabuhan-ratu-sukabumi-jawa-barat/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>