Jalan-Jalan ke Pantai Sadeng, Muara Bengawan Solo di Gunung Kidul

Pantai sadeng adalah pantai menjadi pelabuhan perikanan di kota yogya yang paling maju atau sering disebut dnegan PPI ( Pangkalan Pendaratan Ikan ) dengan taraf nasional yang memberikan kontribusi terhadap pengembangan perikanan laut di jogjakarta. Pantai sadeng terletak di Desa Songbanyu dan Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, berjarak sekitar 46 km dari Wonosari.Pantai sadeng menjadi muara dari sungai bengawan solo yang sudah terkenal sebagai judul lagu. Akan tetapi pada 4 juta tahun yang lalu, lempeng Australia menghujam ke bawah Pulau Jawa, menyebabkan dataran Pulau Jawa perlahan terangkat. Arus sungai akhirnya tak bisa melawan hingga akhirnya aliran pun berbalik ke utara. Jalur semula akhirnya tinggal jejak yang perlahan mengering karena tak ada lagi air yang mengalirinya. Menurut para peneliti, bukit-bukit kapur yang ada di sekitar pantai awal mulanya adalah karang yang terangkat ke atas.  Terdapat pula Telaga Suling yaitu lembah yang diyakini dahulu sebagai muara sungai Bengawan Solo Purba.

Sadeng menjadi tempat pelabuhan yang sangat lengkap di jogja, terbukti dengan adanya perahu motor dengan ukuran besar, rumah pondokan, pelelngan ikan, terminal pengisian bahan bakar, dan koperasi. Pada tahun 1986 didirikanlah pelelangan ikan yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti marcusuar., kemudian pada tahun 1989 dibangun sebuah koperasi untuk membantu para nelayan. Hingga akhirnya pada tahun 1995, berdiri kantor yang mengurus hasil tangkapan ikan sekaligus pondokan serupa rumah petak yang dikontrakkan untuk para nelayan.

Wisatawan bisa menyusuri pantai pada bagian timur dan menuju pada bukit pasri yang berada di dekat marcusur. Anda bisa melihat pemandangan laut lepas yang sangat indah, anda juga bisa melihat pemandangan karang-karang besar. Selain itu, anda bisa melihat sekelompok nelayan yang mengangkut ikan, bersandar ke pelabuhan, membersihkan perahu dan menggiling es untuk distribusi ikan. Pondokan-pondokan tradisional yang menjadi tempat tinggal nelayan akan menjadi objek fotografi yang sangat menarik.

Sadeng menyajikan wisata yang bermanfaat, menyaksikan sebuah proses evolusi, sejarah, cara bertahan hidup, semangat, kerja keras dan keramahtamahan, bisa dikenang evolusi dataran rendah jalur aliran Bengawan Solo Purba dari tempat mengalirnya air hingga menjadi ladang palawija yang produktif.

PANTAI SADENG Yogyakarta-20

PANTAI SADENG Yogyakarta-20

Jalan-jalan ke Pantai Sadeng, Indrayanti & Baron-58

Jalan-jalan ke Pantai Sadeng, Indrayanti & Baron-58

Sadeng Beach_DIY

Sadeng Beach_DIY

geliat pantai SADENG-39

geliat pantai SADENG-39

Jalan-Jalan ke Pantai Sadeng, Muara Bengawan Solo di Gunung Kidul-2

Jalan-Jalan ke Pantai Sadeng, Muara Bengawan Solo di Gunung Kidul-2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>