Pantai Tanjung Benoa Surga Olahraga Air – Wisata Water Sport Tanjung Benoa

Tanjung bedoa adalah salah satu pantai di bali yang menawarkan petualangan olahraga air, pantai ini secara perlahan menjadi tujuan wisata watersport atau pusatnya wisata air di Bali, Tanjung Benoa, yang berlokasi bertetanggaan dengan kawasan wisata Nusa Dua ternyata memiliki daya tarik yang unik. Di tengah tenangnya lautan di kawasan pantai ini, ternyata membawa berkah, pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang dan berpasir putih, tidak cocok untuk berselancar. Tetapi anda bisa mencoba olahraga air lainnya, seperti scuba diving, flying fish, wakeboard, waterki, jetski, kapal glassbottom dan pulau penyu (turtle island), seawalker, parasailing, banana boat, snorkeling, roling donut, memancing (fishing), dolphin atau lumba-lumba tour dan juga kita bisa menyewa speed boat.

Selain olahraga air, pengunjung juga bisa mengunjungi pulau penyu, wisatawan bisa melihat penangkaran penyu, aktivitas tersebut umumnya dimulai dari Pantai Tanjung Benoa denga menggunakan boat yang bagian bawahnya terdapat kaca sehingga dengan mudah kita bisa melihat biota laut.

Letak Pantai Benoa

Tanjung Benoa berada di ujung tenggara pulau Bali dan bertetanggaan dengan kawasan Nusa Dua, masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung. Pantai ini merupakan tujuan wisata air yang cukup lengkap. Dapat ditempuh dalam 35 menit dari Kuta, 40 menit dari Sanur dan 20 menit dari Airport Ngurah Rai.

Tanjung Benoa Watersport

Kawasan pantai benoa sangat tenang berbeda dengan pantai di bali lainnya, menawarkan berbagai kegiatan watersport, banyak olahraga air yang bisa dinikmati oleh pengunjungm, seperti  jetski, parasailing, banana boat, scuba diving, snorkeling , Glassbottom plus kunjungan ke Turtle Island (pulau penyu) , roling donut , memancing (fishing), dolphin atau lumba-lumba tour dan juga kita bisa menyewa speed boat dan Flying Fish.

Salah satu olahraga air yang banyak digemari adalah Flying Fish, flying fish adalah olahraga dengan perahu karet, setiap perahu bisa dinaiki oleh dua orang pengunjung, kemudian ditambah satu orang lagi dari pengawas atau petugas yang akan memandu anda. Petugas duduk ditengah sebagai penyeimbang perahu karet. Penumpang tidur terlentang di perahu yang kemudian akan ditarik dengan speedboat berkecepatan tinggi. Perahu akan menjadi terangkat dan terbang diatas air pada ketinggian 10-15 meter. Inilah yang disebut dengan flying fish. Selama berada diudara, petugas yang duduk ditengah, bertugas menyeimbangkan perahu agar tidak berputar atau terbalik karena hembusan angin. Mengingat adanya tiga orang dalam perahu, terkadang bisa terjadi kasus dimana perahu karet tersebut tidak bisa terbang. Hal ini dikarenakan untuk bisa terbang dibutuhkan kecepatan speedboat yang tinggi dan juga hembusan angin yang cukup kuat. Jika salah satu faktor itu tidak mendukung, maka sensasi flying fish tidak akan bisa dirasakan, hanya sekedar punggung yang terasa terhempas-hempas oleh permukaan air laut.

Kegiatan biasanya dimulai di pagi hari sekitar jam 8 sampai dengan jam 12-an, karena setelah itu air akan surut dan Anda tidak bisa menikmati permainan-permainan lagi karena boatnya tidak bisa digunakan. Harga yang dikenakan kepada pengunjung untuk menikmati berbagai sarana olahraga air tersebut berkisar antara 150 ribu hingga 200 ribu. Pengunjung dapat mencoba wahana olahraga air dengan waktu kurang lebih antara 10-15 menit. Dengan instruktur-instruktur yang handal, akan memberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan Anda saat menikmati permainan di sini.

Wisata Ke Pulau Penyu

Jika liburan anda masih panjang, setelah menikmati tantangan watersport pantai tanjung benoa. Mungkin tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda berikutnya, cobalah berkunjung ke pulau penyu. Anda bisa sampe di pulau penyu dengan cara menyewa perahu dengan biaya sewa kurang lebih Rp. 50.000 per orang, pulau penyu ini berjarak kurang lebih 20-30 menit perjalanan, pengunjung bisa melihat tempat penangkaran berbagai spesies penyu yang hampir punah. Penangkaran ini sendiri bernama Pudut Sari.

Di Pulau penyu wisatawan dapat menikmati keindahan bawah lautnya, pengunjung dapat menyewa perahu yang telah di modifikasi untuk wisata bawah laut,  dimodifikasi sedemikian rupa dengan bagian dasar tengah perahu dipasangi kaca, yang membuat dasar laut yang dangkal terlihat jelas. Berbagai ikan-ikan air laut yang beraneka ragam warna tubuhnya akan menjadi tontonan disini. Agar ikan-ikan mau mendekat, pengemudi kapal menebarkan roti tawar kelaut sebagai pancingan. Sebentar saja, ikan-ikan itu akan datang mendekat. Sayangnya jenis ikan yang mendekat kurang bervariasi sehingga kurang menarik untuk dinikmati .

Penangkaran pulau penyu memiliki berbagai jenis penyu, ratusan ekor penyu dengan berbagai usia dan ukuran. Terdiri dari penyu induk yang jumlahnya bisa mencapai 50 ekor,yang berukuran besar usianya bisa mencapai 35 tahun lebih. Pengunjung bisa memegangi dan mengangkat induk penyu tersebut untuk berfoto bersama. Untuk setiap harinya induk penyu diberi makan rumput laut. Ketika air laut pasang mereka bisa leluasa ke pinggir pantai, namun tidak sampai lepas ke laut, karena telah dipagari dengan bambu. Mereka akan kembali ke kandang setelah air laut surut. Apabila ada yang tidak kembali, pekerja akan memindahkannya dengan tangan.

Pengujung tidak diperbolehkan untuk membeli penyu-penyu yang ada di pulau ini, apalagi untuk dikonsumsi, pulau penyu adalah tempat penangkaran yangi semata-mata untuk upaya pelestarian satwa laut yang dikhawatirkan akan punah. Satwa tersebut sengaja dibiarkan berkembang biak secara alami. Setelah bertelur dan anak-anaknya itu kuat berenang di laut, anak penyu itu dilepas, sementara induknya tidak.

Tidak hanya penyu yang dapat dijumpai di pulau ini. Ular, monyet, burung dan hewan lain yang jinak bisa dijumpai di sana. Terdapat pula semacam galeri yang menawarkan berbagai macam cinderamata, termasuk replika penyu berbagai ukuran terbuat dari kayu dan batu karang. Kendati letaknya terpencil, di lokasi itu pun terdapat tempat penjualan makanan dan minuman.

Perahu motor tidak bisa merapat langsung ke lokasi Pulau Penyu karena pendangkalan. Pengunjung harus turun menyusuri sendiri pantai yang berair setinggi mata kaki sampai dengan bawah lutut orang dewasa. Jika takut kaki terantuk batu karang atau lainnya, bisa menyewa sepatu yang ditawarkan beberapa warga disana.

Pantai Tanjung Benoa Surga Olahraga Air - Wisata Water Sport Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa Surga Olahraga Air - Wisata Water Sport Tanjung Benoa

Flying Fish Pantai Tanjung Benoa-234

Flying Fish Pantai Tanjung Benoa-234

Parasailing pantai tanjung benoa bali

Parasailing pantai tanjung benoa bali

Banana Boat Tanjung Benoa Beach-291

Banana Boat Tanjung Benoa Beach-291

Jetski Tanjung Benoa pantai bali

Jetski Tanjung Benoa pantai bali

sumber : e-kutatanjungbenoa.com, www.navigasi.net, wierfy.blogspot.com, jalanasik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>