Pantai Lovina di Buleleng, Bali Utara

Pantai Lovina di Bali Utara, tepatnya di Buleleng menawarkan sesuatu yang berbeda kepada wisatawan. Pengalaman seru bagi wisatawan yang ingin melihat lumba-lumba. Wisatawan bisa melihat atraksi lumba-lumba secara alami dengan menggunakan perahu. Banyak sekali sampan atau perahu yang disewakan untuk melihat atraksi lumba-lumba, pasti akan menjadi pengalaman yang menarik.Tetapi hal ini tergantung dengan faktor cuaca, ada beberapa wisatawan yang kurang beruntung sehingga tidak bisa melihat lumba-lumba.

Di Desa Kalibukbuk, ada banyak jukung atau perahu tradisional khas Bali yang disewakan. Setiap perahu memuat 4-5 orang. Uniknya, walau banyak operator tur lumba-lumba di Desa Kalibukbuk, namun mereka menerapkan harga yang sama yaitu Rp 60.000. Kelar tur lumba-lumba, aktivitas seru lainnya adalah snorkeling. Sewa peralatan snorkeling juga dikenakan Rp 60.000. Aktivitas wisata bahari lainnya adalah memancing. Berenang pun bisa menjadi pilihan. Arus Pantai Lovina yang tenang aman untuk anak-anak yang ingin berenang. Malam hari, Anda bisa nongkrong di kafe. Beberapa kafe menampilkan pertunjukan musik.

Wisatawan bisa menyewa sampan tersebut, waktu yang paling tepat melihat aktraksi pengejaran lumba-lumba dimulai ketika menjelang pagi, kurang lebih pukul 05.00. Sebaiknya anda memesan perahu pada malam hari, atau anda bisa menghubungi pengelola hotel tempat anda menginap untuk memesan sampan. Ketika pagi buta, akan ada teriakan ““Dolphin, Dolphin”, itu pertanda pemilik sampan siap mengantarkan anda ke petualangan paling seru selama liburan, yaitu melihat lumba-lumba.

Petualangan apalagi yang bisa anda temukan di sana? jangan kuartir, masih ada petualangan lainnya seperti menyelam, ada titik penyelaman dengan pemandangan yang menakjubkan, anda bisa menikmati keindahan laut di pantai lovina. Banyak ikan hias yang akan bisa anda lihat dan cukup ramah bagi penyelam. Memang taman laut di Lovina tidak seindah taman laut lainnya di Indonesia. Namun, Anda akan cukup senang bermain-main dengan ikan hias di perairan ini.

Di pinggir pantai, Anda juga dapat menemukan berbagai kulit kerang yang beraneka ragam. Tentu Anda bisa mengambilnya untuk koleksi hiasan dan cindera mata yang alami dan menarik.

Pantai Lovina - Objek wisata pantai Buleleng Bali Utara

Pantai Lovina - Objek wisata pantai Buleleng Bali Utara

Letak Pantai Lovina

Pantai lovina terletak di sebelah barat kota Singapraja, kira-kira berjarak 9-10 km dari kota singapraja.  Pantai Lovina berada di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Karena itu, kadang orang menyebutnya sebagai kawasan wisata Kalibukbuk. Pantai ini agak kurang cocok untuk berjemur karena di bibir pantai banyak perahu yang digunakan dan disewakan untuk melihat lumba-lumba,  pantai Lovina yang berpasir hitam ini masih alami sehingga menarik dikunjungi. Laut Bali yang berada di perairan Lovina relatif tenang sehingga Anda bisa berwisata di laut tersebut dengan menggunakan perahu nelayan. Wisata lumba-lumba inilah yang menjadi keistimewaan pantai lovina, buleleng, bali utara.

Transportasi dan Akomodasi di Lovina

Bagi wisatawan domestik, biasanya berkunjung menggunakan jalur darat akan lebih baik, melalui jalur darat yang masuk ke bali kemudian lewat gilimanuk,  jarak antara Gilimanuk ke Pantai Lovina kurang dari satu jam. Bagi wisatawan domestik atau yang menggunakan jalur udara, maka harus turun di bandara bali yaitu Bandara Ngurah Rai. Bandara Ngurah Rai dan Pantai Lovina ibarat dari ujung selatan ke ujung utara Bali. Jaraknya bisa lebih dari 120 km. Perlu waktu tempuh sekitar nyaris tiga jam. Seringkali waktu tempuh yang lama ini menjadi kendala wisatawan domestik untuk mampir ke Pantai Lovina. Walau begitu, hal tersebut tidak bisa menjadi alasan untuk menikmati panorama Pantai Lovina di kala matahari terbit. Rekomendasi terbaik untuk benar-benar menikmati Pantai Lovina adalah dengan menginap minimal semalam di area ini. Karena, tur lumba-lumba sebagai aktraksi wisata utama Pantai Lovina dilakukan pada pagi hari.

 Dari Denpasar ke Lovina, Anda bisa melewati Bedugul lalu ke Singaraja dan menuju Lovina. Anda juga bisa melewati rute Bedugul lalu Seririt dan ke Lovina. Anda bisa menempuh perjalanan melewati kedua rute tadi sekitar 2 jam perjalanan. Namun, rutenya melewati jalur yang naik-turun dan berkelok-kelok. Rute lain adalah melewati Gilimanuk lalu ke Lovina yang bisa ditempuh dalam waktu hampir 4 jam. Jalur ini relatif lurus dan nyaman meski membutuhkan waktu perjalanan yang lebih lama.

Semua kendaraan bisa mencapai lovina, anda bisa menyewa mobil atau naek kendaraan umum, fasilitas di pantai lovina juga sangat lengkap, mulai dari penginapan, restoran hingga fasilitas lainnya.

Pantai Lovina di Buleleng, Bali Utara

Pantai Lovina di Buleleng, Bali Utara

lumba-lumba pantai lovina

lumba-lumba pantai lovina

sumber : kumpulan.info astrobali.com travel.kompas.com

gambar : bali.panduanwisata.com  verarfujastawan.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>