Pantai Candidasa Karangasem Bali, Menikmati Keindahan Pulau Kecil di Candi dasa

Satu lagi yang istimewa, objek wisata pantai dibali yaitu pantai candidasa, karangasem, bali. Candidasa dikenal karena pasir putihnya. Industri pariwisata bermunculan dengan latar belakang Samudra Hindia. hampir menyerupai pantai kuta, sehingga pantai ini memang menjadi alternatif wisata selain pantai kuta dan sanur, wisata pantai candi dasa sudah mulai dikembangkan pada tahun 1983, Candidasa merupakan nama sebuah pura, yaitu Pura Candidasa, yang terletak di atas bukit kecil dan dibangun pada abad ke-12 M. Pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan seperti sun bathing, canoing, snorkeling, fishing,berenang, menyelam,  trekking melalui perbukitan,atau sekedar jalan-jalan di bibir pantai. Pengunjung juga bisa melihat pesona pulau-pulau kecil dengan cara menyewa perahu, pulau-pulau kecil ini mempunyai panorama bawah laut yang indah, Pulau-pulau kecil di Teluk Amuk (Gili Tepekong, Gili Biaha, Gili Mimpang) menawarkan pengalaman menyelam yang menakjubkan. Dari tempat ini kita bisa melihat Pulau Lombok dan Nusa Penida dan cahaya “jukung” yakni perahu tradisional yang bersinar akan selalu membawa Anda untuk datang lagi.

Naskah kuno menyebutkan bahwa Pura Candidasa dibangun pada abad ke-12. Ada “lingga” yang terdapat di dalam candi yang dipercaya sebagai symbol Dewa Siwa. Di tempat suci ini konon bisa mendapatkan penghargaan tertinggi atau “sorga” dengan uttering sepuluh huruf yang disebut “Dasa Aksara” (Dasa artinya sepuluh).
Cerita lain mengatakan bahwa nama Candidasa diinspirasi oleh sebuah patung dekat lingga. Patung itu adalah patung Dewi Hariti yang dikelilingi oleh 10 anak. Dipercaya bahwa Dewi Hariti memberikan berkah berupa kemakmuran dan kesejahteraan kepada mereka yang bersembahyang disana.

Masyarakat percaya dengan adanya sejarah spiritual dari pantai candi dasa, Arca Dewi Hariti yang terletak pada sebuah relung di bagian bawah tebing bukit. Dewi hariti adalah seorang yaksa dalam agama budha yang gemar menyantap anak-anak atau memakan daging anak-anak, dewi hariti kemudian bertobat setelah mendapat pencerahan dari budha dan kemudian menjadi orang yang menyanyangi anak-anak. Arca dewi hariti sebagai ciri pelindung, dipahat oleh 10 orang anak yang mengerubutinya, selain itu dipercaya sebagai lambang kemakmuran, karena sebagai simbol ibu beranak.  Oleh karenanya maka tempat ini banyak didatangi dan dimanfaatkan oleh pasangan suami – isteri yang belum dikaruniai keturunan untuk memohon do’a dengan membawa sesajen yang dipersembahkan kepada Dewi Hariti.

Letak Pantai Candi Dasa

Pantai Candi Dasa adalah sebuah tempat peristirahatan atau resor, Terletak di desa Samuh-Bugbug, Kecamatan Karangasem, berjarak sekitar 65 km dari Denpasar dan 12 km dari Amlapura, Pantai berpasir putih tersebut sebenarnya bernama Teluk Kehen, namun dalam perkembangannya seiring ditetapkannya pantai tersebut menjadi obyek dan daya tarik wisata, maka pantai Teluk Kehen berubah nama menjadi kawasan pariwisata Candidasa sesuai dengan nama pura yang ada di wilayah itu.

Candidasa Bali Tour -pantai candidasa-1792

Candidasa Bali Tour -pantai candidasa-1792

CandiDasa Beach-1982

CandiDasa Beach-1982

objek wisata  Candidasa, Bali-1931

objek wisata Candidasa, Bali-1931

Pantai Candidasa Karangasem Bali, Menikmati Keindahan Pulau Kecil di Candi dasa

Pantai Candidasa Karangasem Bali, Menikmati Keindahan Pulau Kecil di Candi dasa

sumber : bali-tamasya.com, www.balitoursclub.com, e-kuta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>